Home » » Jenis Jenis Blogger

Jenis Jenis Blogger

Mumpung lagi ada waktu nih, Aku sempetin bentar buat nulis postingan sederhana ini. Soalnya bentar lagi ada 2 pertandingan sepakbola yang ngga boleh kelewat, hehe. OK, pada postingan kali ini Aku mau sedikit memberikan “sesuatu” kepada Sobat Blogger tentang apa saja jenis-jenis blog menurut versiku tentunya, haha. Lalu, apa sajakah itu ? ini dia !

1.Blog Pribadi
Selama pengalamanku di dunia perbloggingan yang terbilang belum cukup lama ini, aku sedikit bisa mengamati bagaimana Blog-Blog pribadi itu. Biasanya jenis blog pribadi tidak menyembunyikan identitas si pemilik blog, gimana mau nyembunyiin, orang namanya blog pribadi, hehe. Blog pribadi umumnya juga lebih personal dari blog-blog lainnya. Blog pribadi ini sejenis diary elektronik bagi pemiliknya sehingga konten-konten ataupun postingan yang dibuat bersifat pribadi, misalnya curhatan atau pengalaman pribadi
nya.

2. Blog Tutorial
Sama seperti namanya, blog ini berisi tentang tutorial pembuatan atau pengoperasian sesuatu. Nah blog jenis ini nih salah satu blog yang paling banyaaak visitornya menurut pengamatanku. Coba aja bayangkan berapa kali klik yang bisa didapatkan sebuah blog yang didalamnya terbentang lautan informasi. Misalkan aja “Albab’s Blog, Tutorial Blog dan Komputer” yang didalamnya banyak banget informasi tentang tutorial, tips, dan trik tentang dunia blog dan Komputer. Aku jamin, para visitor bakalan betah nongkrong di blog itu atau bahkan bisa jadi blog itu di bookmark sama visitornya. Kok bisa ? ya iyalaah, orang informasi didalamnya mereka anggap penting dan mereka perlu itu. Misalkan aja Trik SEO Menaikkan Traffic Blog, mereka bukan hanya sekedar membaca tetapi juga mempraktekkan. Apabila yang mereka praktekkan belum berhasil mereka balik lagi ke halaman itu, mengecek ada salah ato ngga sama apa yang mereka lakuin, terus menerus begitu sampai mereka berhasil melakukannya. (pengalaman pribadi Albab kali..hehe)

3.Blog Bisnis
Kalo ini mah, aku yakin hampir semua Sobat Blogger tau. Blog yang sengaja dibuat untuk keperluan bisnis. Isinya sih macem-macem, ada blog yang jualan batagor, siomay, ama krupuk, hehe, becanda-becanda. Isinya beragam Sobat Blogger, ada yang berjualan berbagai macam barang seperti HP dan produk kecantikan. Ada pula yang menawarkan jasa, seperti pembuatan website, bisnis hostingan domain dan lain sebagainya. Menjualnya dengan online tentunya.

4. Blog Copy-Paste
Blog ini biasanya postingannya bejibun ampe ratusan bahkan ribuan mungkin. Lha wong adminnya kerjaanya copy-paste artikel milik orang lain. Blog ini walaupun postingannya banyak tetapi ngga disukai sama mesin pencari. Apalagi sekarang google memakai google panda, yang anti dengan artikel copy-paste. Selain itu, menurutku blog ini sia-sia alias ngga bermanfaat, buat apa artikel yang sudah ada di postingin lagi, alias memperbanyak artikel yang sudah ada. Para pengguna internet itu membutuhkan pemikiran-pemikiran baru dalam topik yang mereka cari, bukan artikel yang itu-itu aja. Mending di share di Facebook, twitter, atau jejaring social lainnya, sehingga pengunjung akan mampir ke blog pemilik artikel itu, ngga merugikan kan ?

5. Blog Kloningan
Sesuai namanya, blog ini merupakan anak buah dari blog induknya. Untuk suatu kepentingan tertentu blog-blog seperti ini dibuat. Blog-blog seperti ini juga yang menurutku paling rawan dengan penipuan, misalnya “modal 50 ribu, anda akan mendapatkan profit 10 juta/bulan secara OTOMATIS !”. Masa iya dengan berdiam diri dapat uang ? haha. Soalnya, dalam blog-blog kloningan itu ngga dicantumin nama pemilik blognya. Blog seperti ini juga nih yang biasanya suka nyampah alias SPAM di blog orang lain. Tetapi, ada sebagian orang yang memanfaatkan Blog-blog kloningan ini untuk demo suatu tutorial tertentu.

Nah, itu aja 5 macam blog menurutku. Mohon maaf apabila banyak kesalahan ataupun kekeliruan yang aku buat. Maklum, nulisnya berdasarkan pengalaman dan riset yang ngga jelas, bukan dari sumber terpercaya, hehe. Kalau ada kekurangan, alangkah lebih baik meninggalkan komentar dibawah, agar Albab bisa segera memperbaikinya. So, termasuk jenis apakah blog Sobat Blogger ? kalo blogku ini nih mungkin blog pribadi yang campur aduk kali yah, hehe. Lha wong isinya macem-macem ngga karuan begini...^^